Kamis, 25 November 2010

K-Pop Boyband & Girlband Yang Jago Nge-dance

K-Pop Boyband & Girlband Yang Jago Nge-dance

K-pop, kepanjangannya Korean Pop ("Musik Pop Korea"), adalah jenis musik populer yang berasal dari Korea Selatan. Banyak artis dan kelompok musik pop Korea sudah menembus batas dalam negeri dan populer di mancanegara. Kegandrungan akan musik K-Pop merupakan bagian yang tak terpisahkan daripada Demam Korea (Korean Wave) di berbagai negara. Berawal dari suksesnya K-Drama yang banyak bercerita tentang percintaan ataupun sejarah yang mempunyai alur cerita yang seru, komplex dan menarik dgn jumlah episode yang tidak terlalu panjang menyebabkan suksesnya K-drama ke mancanegara. Sukses K-drama ikut membawa andil dalam suksesnya K-Pop balada yang digemari karena dijadikan sountrack K-drama televisi seperti Winter Sonata, Sorry I love You dll.

Berbagai artis Korea merengguk kesuksesan di Internasional seperti BoA, yang menembus Jepang. Maupun Rain yang menaklukkan pasar musik Jepang, dan tercatat sebagai artis Asia pertama yang mengadakan Konser Internasional yang bertajuk Rainy Day 2005 Tour, di Madison Square Garden. Dan Di Tahun 2000-an pendatang-pendatang baru berbakat mulai bermunculan. Aliran musik R&B serta Hip-Hop dance membentuk Group-Group Boyband maupun Girlband modern yang semakin digemari dan populer. Musik lebih cenderung enerjik dan modern dan easy listening, dan tidak cuma Jago nyanyi, personel grup-grup ini juga cakep/cantik dan Jago banget Ngedance. Keren kan? Kalo belum kenal, simak deh info berikut ini...

Super Junior
Super Junior, atau lebih dikenal dengan SJ atau SuJu , merupakan sebuah grup musik R&B yang berasal dari Seoul, Korea Selatan. Anggotanya berjumlah 13 orang yaitu Leeteuk, Heechul, Han Geng, Yesung, Kang-In, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook, Kibum, dan Kyuhyun.
Album perdananya ialah SuperJunior05 (TWINS), dirilis pada tahun November 2005. Album perdana mereka terjual 28.536 kopi di bulan pertama rilis dan debutnya di # 3 di chart bulanan Desember 2005. dan menjadi catatan terlaris Desember 2005, dengan menjual 49.945 salinan bulan itu.
Album keduanya "Don't don"September 2007, memulai debutnya sebagai # 1 di semua chart tangga lagu Korea, Taiwan, G-musik Combo Billboard Chart, & memenangi tiga kategori tersebut termasuk “Netizen Choice Award” dan “Mobile Popularitas”, serta “Best Artist of the Year”. Super Junior mengumpulkan dua penghargaan pada 14 Desember 2007 di 2007 Golden Disk Awards. penjualan album teratas ini 160.000 unit di akhir tahun sebagai penjualan terbaik.
Album ketiga Super Junior, “Sorry Sorry”, dirilis pada 12 Maret 2009 dengan diakui ulasan. Judul album single, “Sorry Sorry” ini dirilis secara digital pada 9 Maret 2009. Dalam waktu kurang dari seminggu setelah preorders diumumkan, lebih dari 150.000 eksemplar pra-perintahnya. “Sorry Sorry” adalah album pertama mereka debut di # 1 pada Hanteo Charts, dan terjual lebih dari 29.000 eksemplar pada hari pertama.
“Sorry Sorry”mengumpulkan total sepuluh # 1 penghargaan dengan kemenangan berturut-turut di Korea, setelah tunggal menjadi sukses nasional dan internasional. Setelah hanya satu bulan rilis, menjadi album terlaris tahun 2009 di Korea Selatan. Sorry Sorry juga yang kritis dan sukses secara komersial hit di negara-negara Asia lainnya. Sorry Sorry adalah album bahasa korea terlaris di Taiwan, Thailand, Cina, dan Filipina, dan Jepang.

Ternyata zamannya Sorry Sorry belum berkhir meskipun sudah memasuki tahun 2010. Kejayaan di tahun 2009 masih berlanjut hingga sekarang bahkan di negara di luar Korea, Namun Su-Ju telah mengeluarkan Album terbarunya yang ke-4 tanggal 13 Mei 2010, inilah track listnya :
# 01. (BONAMANA) ==> Beauty
# 02. (Boom Boom) ==> Bad Woman
# 03. (Coagulation)
# 04. (Your Eyes)
# 05. My Only Girl
# 06. (My All Is In You)
# 07. Shake It Up!
# 08. (In My Dream)
# 09. (One Fine Spring Day)
# 10. (Good Person)
# 11. Here We Go
Lagu baru Super Junior adalah lagu yang beatnya sangat cepat dengan nada yang menghentak berulang kali dan dengan tarian yang mengekspresikan karakteristik dari setiap anggotanya. Mereka akan mempersembahkan penampilan yang maskulin.

Dan Untuk pertengahan tahun 2010, hanya 2 kelompok K-Pop yang telah melampaui angka 1.000.000 untuk penjualan album, dan perhitungan penjualan album dari Januari sampai Mei, hanya Super Junior dan SNSD/GirlGeneration yang mampu mengungguli angka penjualan album 1.000.000 kopi.
Malah pada tanggal 14 Mei 2010, mereka mendapatkan penjualan album hingga 6,000 kopi per harinya. Album ke-4 Super Junior terjual sangat cepat dan paling besar jumlah penjualannya diantara artis-artis lainnya untuk tahun ini.



SNSD/Girl Generation
Girls’ Generation atau Gee atau SNSD (So Nyuh Shi Dae)
Debut Date: 5 Agustus 2007 di Inkigayo.
Anggota : Taeyeon, Jessica, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona, Seohyun
Label: SM Entertainment
Singel perdana "(Into the New World)" dirilis 2 Agustus 2007. Album mereka masing-masing telah terjual lebih dari 100 ribu kopi,
Singel dan album pertama: 2007-2008

Acara M! Countdown di M.Net 18 Juli 2007 menjadi tempat penampilan pertama Girl's Generation. Mereka membawakan lagu "?? ?? ?? (Into the New World)" yang dirilis sebagai singel pertama Girl's Generation, Agustus 2007. Singel tersebut juga berisi dua lagu lain, "Beginning" dan "Perfect For You (??)", serta versi instrumental "?? ?? ?? (Into the New World)". Judul lagu "Perfect For You" nantinya berganti judul sebagai "Honey" dalam album perdana mereka, Girls' Generation. Singel "Into the New World" diikuti kegiatan promosi. Mereka tampil dalam acara Popular Songs di SBS, Show! Music Core di MBC, dan Music Bank di KBS.

Album perdana ???? (Girls' Generation) dirilis akhir musim gugur 2007 dengan lagu andalan berjudul sama. Ketika dibawakan Lee Seung Chul, lagu "Girls' Generation" sukses sebagai lagu hit, tapi ketika dibawakan mereka, album ini hanya terjual sejumlah 121.143 kopi.[3] Pada awal tahun 2008, Girls' Generation mulai mempromosikan singel kedua, "Kissing You" dengan Donghae dari Super Junior sebagai bintang tamu.

Pada Maret 2008, album Girls' Generation dirilis kembali dengan judul berbeda, Baby Baby, dan dirilis singel "Baby Baby" dari album tersebut. Sementara itu, sebuah album EP digital, Roommate dari Jessica, Tiffany, dan Seohyun dirilis bulan April 2008. Setelah itu, Girls' Generation ikut serta dalam konser SMTown Live '08 bersama rekan-rekan dari SM Entertainment, BoA, TVXQ, Super Junior, CSJH the Grace, Zhang Liyin, dan SHINee. Tur keliling juga dilangsungkan di Thailand dan RRC.

Puncak kesuksesan: 2009-2010

Pada Januari 2009, Girls' Generation merilis album mini Gee Singel berjudul sama dari album Gee langsung menjadi lagu terpopuler di Cyworld pada hari berikutnya,dan menempati urutan nomor satu semua tangga lagu digital dalam dua hari berikutnya.
Dalam rangka promosi album Gee, mereka muncul dalam acara Show! Music Core bulan Januari 2009. Mereka membawakan lagu "Gee" dan "Way To Go" yang juga berasal dari album mini Gee. Di tangga lagu M.Net, "Gee" menjadi pemegang rekor lagu nomor satu yang bertahan paling lama (8 minggu) mengalahkan "Nobody" dari Wonder Girls. Girls' Generation menempati peringkat pertama 9 minggu berturut-turut dengan lagu "Gee”.

Album

* Girls' Generation (1 November 2007)
* Baby Baby (17 Maret 2008, kemasan ulang dari album Girls' Generation)
* Oh! (28 Januari 2010
* run devil run (album)run devil run

[sunting] Album mini

1. "Gee" (7 Januari 2009)
2. "Tell Me Your Wish (Genie)" (29 Juni 2009)

Masih banyak lagi K-Pop Boyband seperti (Shine, Big Bang, SS501, dll) ataupun GirlBand (WonderGirl, Kara, 2NE1, dll) yang bersaing ketat di Korea dengan ciri khas nya masing-masing dan saling memberikan penampilan & dance mereka yang terbaik untuk merebut hati para penggemarnya. Jadi gak ada salahnya untuk mengkoleksi singel-singel mereka yang selalu dikoreografi dengan sempurna dan banyak bertebaran Internet/youtube.com or di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar